Selasa, 10 April 2012

Kewirausahaan

KEWIRAUSAHAAN

A. Pengertiaan Kewirausahaan

Dulu kita mengenal istilah wiraswasta (enterpreneur)untuk menyebutkan orang yang bergerak di bidang usaha/bisnis atau sebagai pengganti sebutan pengusaha, sehingga kegiatan-kegiatan dalam bidang usaha yang dilakukan oleh para wiraswasta disebut sebagai kewiraswastaan (enterpreneurship). Namun dewasa ini istilah wiraswasta sudah jarang digunakan dan tersisih oleh istilah wirausaha (enterpreneur) dan kewirausahaan (enterpreneurship). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata wiraswasta dan wirausaha dapat diartikan sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengedaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Dalam prakteknya, ada yang berpendapat bahwa arti wiraswasta berbeda dengan wirausaha. Hal ini dikaitkan dengan arti kata asalnya, wira(utama,pejuang,gagah,berani,keteladanan,jujur) dan swasta (swa=sendiri, sta=berdiri). Berdasarkan arti masing-masing suku katanya maka wiraswasta diartikan sebagai orang yang memiliki sifat keutamaan, keteladanan, kejujuran, dan keberanian dalam mengambil resiko berdasarkan kemampuan sendiri.

B. Karakteristik Wirausahawan

Ciri-ciri atau karakteristik wirausaha tercermin dari dari sifat-sifat yang ada dealam diri seseorang. Ada beberapa sifat tertentu yang akan mewarnai jiwa kewirausahaan seseorang, antara lain :

1. Inisiatif
Seseorang wirausaha harus mempunyai inisiatif, yaitu prakarsa atau ikhtisar dalam membuka peluang atau membangun kegiatan yang berguna bagi dirinya dan orang lain.

2. Disiplin
Dalam menjalankan kehidupan dan kegiatan usahanya, wirausahawan dituntut untuk memiliki kedisiplinan.

3. Komitmen Tinggi
Untuk mendukung tercapainya keberhasialan usaha, wirausaha harus mempunyai komitmen yang tinggi terhadap kegiatan usaha yang dijalankannya.




4. Jujur
Sifat jujur adalah perilaku utama yang harus ditonjolkan wirausaha untuk membangun kepercayaan(kredibilitas)dari semua pihak antara lain mitra kerja (rekan bisnis), kreditor dan pelanggan.

5. Kreatif dan Inovatif
Wirausaha harus mempunyai kreativitas(daya cipta)yg relatif tinggi sehingga mampu menjadi pribadi yang inovatif .

6. Mandiri dan Realistis
Wirausaha harus memiliki sikap hidup mandiri, dinamis dan dapat memandang kehidupan serta perkembangan bisnis secara realisitis.

C. Keberhasialan dan kegagalan wirausaha

Dalam kenyataan, dapat kita lihat ada wirausaha yang berhasil dalam kiprahnya berbisnis dan tidak jarang pula yang mengalami kegagalan. Keberhasilan dan kegagalan sebagai wirausaha, antara lain tergantung pada :

1. Kemampuan memilih bidang usaha yang dijalankan.
2. Kemampuan dan keuloetan diri seseorang dalam berusaha.
3. Kesempatan usaha yang diperoleh.
4. Kondisi lingkungan tempat usaha dan pasarnya.
5. Permodalan usaha dan akses ke sumber permodalan.
6. Kemampuan mengorganisasi usaha dalam memadukan bsumber daya.
7. Peran mitra kerja/usaha.

D. Peranan wirausaha dakam perekonomian nasional

Dalam kancah perekonomian di Indonesia terdapat tiga kelompok pelaku ekonomi, yaitu :

1. Perusahaan swasta, yang terdiri atas perusahaan-perusahaan swasta nasional, swasta asing , dean swasta campuran.
2. Koperasi, yang terdiri atas koperasi primer dan koperasi sekunder.
3. Perusahaan negara, yang terdiri atas Badan Usaha Milik Negara(BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah(BUMD).


Sumber Buku KEWIRAUSAHAAN SMK ,
Pengarang : Mudie Khalia B.
Mutie Khania B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar